• Identitas
  • Struktural

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA S1 TERAKREDITASI "B"

Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

NOMOR : 1109/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2016


Deskripsi :

Program studi Teknik Informatika S1 menawarkan keseimbangan antara fondasi keilmuan yang kokoh dan keterampilan professional dalam bidang Teknologi Informasi. Fondasi Teknik Informatika yang diberikan meliputi algoritma dan pemrograman, matematika diskrit, basis data, sistem operasi, jaringan komputer, arsitektur komputer, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, perancangan dan pemrograman web, dan sistem cerdas.

Untuk pengembangan keterampilan professional, program studi teknik informatika S1 menawarkan berbagai mata kuliah terapan yang dapat digolongkan ke dalam beberapa peminatan. Disamping itu, didalam proses belajar mengajarnya, dikembangkan pula berbagai kemampuan  soft skills, yakni kemampuan-kemampuan dalam berkomunikasi, bekerja dalam tim, menulis karya ilmiah, berpikir kreatif dan belajar etika profesi.

Kemampuan-kemampuan tersebut menyatu di dalam kurikulum program studi teknik informatika dan dibangun melalui tugas-tugas kelompok, presentasi, diskusi, kerja praktek ke dunia industri. Lebih spesifik kompetensi teknik informatika sebagai berikut: kemampuan untuk merancang dan melakukan eksperimen, menganalisis dan menginterpretasikan suatu perangkat lunak berbasis database dan sistem informasi untuk menyelesaikan persoalan teknologi informasi melalui metodologi mutakhir berbagai bidang seperti pendidikan, perbankan, telekomunikasi, manufaktur atau industry lainnya.

Visi Program Studi Teknik Informatika S1 :

Mewujudkan Program Studi yang Unggul di Bidang Rekayasa Perangkat Lunak dan Pengolahan Citra yang memiliki Komitmen dalam Pemberdayaan Masyarakat di Tahun 2032.

Misi Program Studi Teknik Informatika S1:

  1. Menyelenggarakan pendidikan bermutu tinggi di bidang informatika, Khususnya Bidang keahlian Rekayasa Perangkat Lunak & Pengolahan Citra sebagai sarana untuk menghasilkan lulusan yang cerdas, Berbudi luhur yang mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pembangunan ilmu pengetahuan di bidang teknologi informasi yang berorientasi kepada kebermanfaatan bagi masyarakat.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility).
  4. Mengembangkan kerjasama dengan segenap para pemaku kepentingan (Stakeholder) baik didalam maupun diluar negeri dibidang informatika. Sebagai upaya meningkatkan kap[asitan dan reputasi program studi

Kompetensi Program Studi Teknik Informatika S1:

  Kompetensi utama lulusan PS Teknik Informatika  FKOM UNIKU adalah sebagai berikut :

  1. Kemampuan untuk merancang dan melakukan eksperimen, menganalisis dan menginterprestasikan suatu perangkat lunak berbasis database dan system informasi untuk menyelesaikan persoalan teknologi informasi melalui metodologi mutakhir diberbagai bidang seperti pendidikan, perbankan, telekomunikasi, manufaktur, atau industri lainnya.
  2. Mampu mengembangkan system sesuai dengan fokus pada bidang keahlian yang dilakukan secara mandiri maupun bersama-sama, smart application untuk keperluan industri (soft computing) dan mengembangkan aplikasi mobile beserta infrastruktur pendukungnya (mobile computing).
  3. Membangun atau merancang system yang mampu mengakses informasi secara cepat, tepat dan akurat di sector industry maupun tempat mereka bekerja di masa depan. Khususnya merancang bangun perangkat lunak berbasis mobile, anatarmuka perangkat keras dan komunikasi data.
  4.  Kemampuan berkomunikasi yang efektif dalam bahasa inggris Lisan maupun Tulisan.
  5. Kemampuan dan kapasitas pengetahuan yang cukup sebagai ahli teknik profesional untuk menjalankan tanggungjawab social, budaya, lingkungan, global, dan bisnis, serta peduli terhadap prinsip dan kebutuhan pembangunan berkelanjutan.
  6. Kemampuan untuk memanfaatkan teknik, keahlian dan peralatan atau tools modern yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas dan tanggungjawabnya.
  7. Mengimplementasikan rancangan system secara efisien dan efektif di dalam sebuah software yang dirancang untuk organisasi atau tatanan komunitas lainnya sehingga mendukung tercapainya visi dan misi organisasi yang bersangkutan.

Capaian Pembelajaran Program Studi Teknik Informatika S1:

  1. Memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi informasi untuk menyelesaikan masalah dalam bidang teknologi informasi.
  2. Memiliki kemampuan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan baik di tingkat nasional, dan internasional, khususnya di bidang teknologi informasi.
  3. Memiliki kemampuan menganalisis dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan  dalam bidang teknologi informasi.

Social Media :

Twitter : @ti_fkom_uniku

Facebook : @TIFKOMUNIKU

Instagram : #ti_fkom_uniku

Google+ : ti_fkom_uniku

Youtube : Teknik Informatika FKOM UNIKU / ti_fkom_uniku

Tito Sugiharto, S.Kom., M.Eng

Tito Sugiharto, S.Kom., M.Eng

Ketua Program Studi Teknik Informatika (S1)

Yati Nurhayati, M.Kom

Yati Nurhayati, M.Kom

Sekretaris Prodi Teknik Informatika (S1)

Rio Andriyat Krisdiawan, M.Kom

Rio Andriyat Krisdiawan, M.Kom

Kepala Laboratorium Aplikasi dan Pemrograman

Iwan Lesmana, M.Kom

Iwan Lesmana, M.Kom

Kepala Laboratorium Jaringan

Heru Budianto, M.Kom

Heru Budianto, M.Kom

Kepala Laboratorium Multimedia